Beranda > artikel, Berita, bisnis, Cimahi Euy, motivasi > Turbin Mikrohidro Karya Warga Cimahi

Turbin Mikrohidro Karya Warga Cimahi

Krisis energi listrik disusul rencana pemerintah menerapkan sistim insentif dan dis-insentif, disebut sama dengan kenaikan tarif terselubung dan tak urung meresahkan warga.

Namun alat yang dihasilkan seorang warga Cihanjuang, Cimahi, Jawa Barat ini, bisa jadi mengurangi keresahan warga. Ia membuat sebuah pembangkit listrik tenaga air yang disebut mikrohidro sederhana. Karyanya tidak hanya dipasar Indonesia tapi hingga ke Swiss.

Edi Permadi, Warga di Cimahi Bandung, Jawa Barat inilah yang tengah mengembangkan pembangkit listrik mikrohidro. Turbin karyanya ini pernah mengharumkan nama Indonesia karena pernah sengaja dipesan untuk dipasang di Swiss.

Sarjana teknik jebolan Swiss ini, merasa terpanggil untuk menciptakan turbin, karena setengah penduduk Indonesia hingga kini belum bisa menikmati aliran listrik.

Maka terciptalah mikrohidro untuk pembangkit listrik yang bisa digunakan masyarakat, hanya dengan memanfaatkan potensial alam berupa air terjun.

Daya listrik yang dihasilkan pun beragam, tergantung kapasitas alam. Mulai dari 100 hingga ribuan watt.

Turbin yang menghasilkan daya terendah bisa efektif bila digunakan dengan memanfaatkan air setinggi minimal 2 meter, dengan volume air 200 meter per detik.

Mikrohidro ini lebih banyak dipesan dari kawasan yang belum dialiri listrik PLN dari Sabang hingga Merauke. Edi juga membuat turbin untuk mengaliri listrik dilingkungan sekitar rumahnya dengan memanfaatkan derasnya debit air sungai di kampungnya.

Hasilnya, lampu penerangan jalan kini bisa dinikmati warga secara gratis. Edi kini tengah mencoba menciptakan pembangkit listrik kincir angin yang bisa digunakan masyarakat pesisir pantai.(Tim Liputan/Dv/Ijs)

Sumber: http://www.indosiar.com/ragam/68436/turbin-mikrohidro-karya-warga-cimahi

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: